Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-Jenis Paprika dan Sekilas Manfaatnya

Paprika adalah sayuran dengan cita rasa perpaduan antara pedas dan manis. Ternyata sayuran ini dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan dengan warna dan cara pengolahannya. Lalu, apa saja jenis paprika yang biasa ditemui? Berikut ini adalah daftarnya secara lengkap.

Daftar Jenis Paprika

  • Paprika Hijau

Jenis yang pertama adalah paprika hijau atau lebih dikenal dengan sebutan paprika muda. Pada umumnya, jenis paprika yang satu ini memang sengaja dipanen selagi masih muda. Cirinya adalah warnanya hijau tua yang tampak segar.

Jenis Paprika

Paprika hijau mempunyai perpaduan rasa manis, tetapi sedikit pahit. Aroma sayuran yang satu ini sendiri cenderung langu. Tekstur paprika hijau lebih renyah dibandingkan dengan jenis yang lain karena kadar air di dalamnya lebih rendah.

  • Paprika Kuning

Paprika hijau yang Anda biarkan di atas pohonnya lama-kelamaan akan berubah warna menjadi kuning. Hal ini artinya untuk mendapatkan paprika kuning, Anda harus membiarkan paprika hijau matang terlebih dahulu.

Rasa paprika kuning cenderung lebih manis jika dibandingkan dengan jenis yang sebelumnya. Sementara untuk teksturnya tidak memiliki banyak perbedaan, yaitu tetap terasa renyah dengan kadar air yang masih sedikit.

  • Paprika Merah

Jenis paprika yang selanjutnya ini memiliki warna merah segar dan tampak menggiurkan. Paprika merah bisa didapatkan apabila Anda menunggu sayuran tersebut untuk matang dengan sempurna di atas pohon.

Paprika merah mempunyai rasa manis tanpa sisa rasa pahit sekalipun, sehingga disebut sebagai jenis paling enak dibandingkan dengan paprika hijau dan kuning. Sementara untuk teksturnya sendiri adalah lebih lembut karena sudah mengandung banyak air.

Keunggulan paprika ini daripada jenis sebelumnya adalah kandungan vitaminnya jauh lebih kompleks. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk olahan makanan apabila tidak ingin terlalu banyak menggunakan cabai.

  • Paprika Ungu

Paprika ungu memang terdengar asing, namun ternyata ini adalah jenis yang paling banyak dicari. Jenis paprika yang satu ini dinilai mempunyai rasa paling enak karena sangat manis. Di samping itu, banyak orang yang tergiur karena warnanya.

Warna dari paprika ini menyerupai terong, yaitu ungu segar yang terlihat sangat menarik untuk dicoba. Paprika ungu yang sudah benar-benar matang dengan warna lebih gelap biasanya akan lebih dicari oleh banyak orang.

Berat paprika ungu sendiri di antara kisaran 170 hingga 200 gram saja. Sementara ukuran tingginya bisa mencapai lebih dari 45 cm. Bagi Anda yang merupakan pecinta paprika, maka wajib mencoba jenis tersebut.

  • Paprika Orange

Jenis yang satu ini bisa didapatkan apabila Anda menunggu sedikit waktu untuk membiarkan paprika kuning lebih matang. Tingkat kematangan paprika orange dan kuning sendiri sebenarnya cukup mirip, hanya memiliki sedikit perbedaan saja.

Rasa paprika orange ini lebih manis dan kadar airnya juga banyak jika dibandingkan dengan yang kuning. Kandungan vitaminnya juga meningkat karena paprika orange bisa dibilang lebih matang. Sementara teksturnya sendiri masih tetap renyah dan terasa segar.

Manfaat Paprika

Paprika biasanya digunakan untuk berbagai olahan makanan, namun siapa sangka sayuran yang satu ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran ini bisa dijadikan solusi bagi Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.

Manfaat lain dari paprika untuk kesehatan tubuh adalah mengatasi berbagai macam permasalahan pada pembuluh darah, seperti arteri koroner dan penyumbatan. Anda juga bisa menggunakan paprika untuk mengurangi rasa sakit akibat cacar, dan osteoarthritis.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat paprika selain memaknya adalah mengoleskannya langsung ke kulit. Namun, dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan treatment ini agar mendapatkan arahan yang tepat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Paprika dan Sekilas Manfaatnya"